Menjaga Kesehatan Anak

Tkit Al Fath; Seorang anak ternyata mahluk yang cukup kuat. Umumnya mereka tetap sehat dan kuat asal kita bisa membiasakan mereka dengan kerangka dan pola kebiasaan hidup sehat. Kerangka itu haruslah terdiri dari makanan sehat, cukup olah raga, pengamanan secukupnya di dalam dan di luar rumah, serta kunjungan tetap ke penyedia jasa kesehatan. Bila saran-saran ini diikuti, kita tak perlu terlalu mencemaskan penyakit atau gangguan tubuh lainnya, namun setidaknya bisa memberi dasar kesehatan untuk membantu anak kita agar lekas sembuh dari penyakit di suatu saat. Kebiasaan rapih juga bisa menumbuhkan pola hidup sehat yang akan dibawanya sampai usia dewasa nantinya.

Makanan Sehat

Seorang anak yang terbiasa dengan makanan yang cukup mengandung gizi penting umumnya tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan dan lebih tahan, serta lebih cepat sembuh, dari penyakit-penyakit ringan anak-anak. Selain itu, kebiasaan baik di masa kecil  akan lebih mudah dilanjutkan di masa dewasa.

Yang harus diusahakan adalah sejauh mungkin menyediakan  segala zat gizi kebutuhan  tubuh untuk tumbuh dan aktif sehari-hari, mulailah dari pemberian ASI. Dengan bertambahnya umur anak, yakinkan bahwa ia sudah mendapatkan gizi seimbang dari berbagai makanan yang meliputi daging, ikan, hasil ternak, butir-butiran (termasuk roti), sayur dan buah segar, dan tak banyak mendapatkan makanan pabrik. Terutama lebih baik lagi bila anda membatasinya makan makanan bergula seperti kue, biskuit, dan sebagainya, yang semuanya itu bisa menimbulkan kegemukan (obesitas)  dan gigi keropos.

Cukup Olah Raga

Olah raga amat penting bagi anak-anak, untuk menambah berat dan menumbuhkan tenaga otot, serta menyehatkan jantung dan paru-paru. Olah raga dianjurkan dari sejak usia dini : bayi sebaiknya lebih sering bebas di lantai atau ditempat tidurnya. Anak kecil sebaiknya banyak berjalan. Anak yang lebih besar dianjurkan untuk ikut bermain yang melibatkan kegiatan fisik bersama teman-teman sebayanya.

Langkah-langkah Menjaga Kesehatan

Dokter dan puskesmas terdekat bisa berperan besar dalam membina kesehatan anak. Kunjungan tetap ke dokter dan puskesmas memberi peluang untuk membahas dan mendapatkan saran penting untuk perkembangan kesehatan anak. Dari sini semua keluhan kecil bisa segera terlihat sebelum membahayakan.

Bagian terpenting penjagaan kesehatan anak adalah imunisasi terhadap berbagai penyakit menular. Imunisasi amat perlu dimasukkan kedalam  jadwal kesehatan anak anda.

————————————————————–

Pencegahan Kecelakaan

Kecelakaan adalah hal yang sering merenggut nyawa anak, dan yang terbanyak diterima unit gawat darurat rumah sakit. Umumnya kecelakaan bisa dihindari dengan menyediakan pengaman penjamin keamanan di rumah dan berusaha mengurangi peluang kecelakaan di luar rumah. Berikut ini beberapa pedoman yang bisa diikuti :

  1. Jauhkan semua obat dan bahan kimia dari jangkauan anak
  2. Berilah pengaman pada semua kompor dan bahan berapi
  3. Gunakan soket pelindung di semua lubang listrik
  4. Pasang pintu pengaman di dasar dan di puncak tangga
  5. Jaga agar anak tak bisa bermain di sekitar peralatan listrik
  6. Pasang tirai di semua kaca bening
  7. Kuncilah semua peralatan kebun di tempat aman
  8. Ajarkan pada anak cara aman menyeberang jalan
  9. Periksa selalu rem, ban dan lampu sepeda anak anda
  10. Ajari anak anda berenang
  11. Sediakan pengaman secukupnya untuk setiap kegiatan olah raga

————————————————————–

Baca juga : Perilaku Sosial Anak, Outbond TKIT Al Fath Tahun 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s