SANG GURU

ilustrasi

Guru adalah ujung tombak dunia pendidikan. Di tangan gurulah maju mundurnya pendidikan. Ia mewakili orang tua di sekolah, membimbing, mengarahkan dan memandu peserta didiknya kearah kedewasaan dan kemandirian. Sebagai sosok yang menjadi panutan, sudah selayaknya guru memiliki moral yang baik, intelektual yang tinggi dan profesional. Sehingga dengan demikian menempatkannya pada sosok yang digugu (ditaati) dan ditiru oleh siswa, bahkan oleh masyarakat.

Dalam khazanah pemikiran Islam, istilah guru memiliki beberapa istilah, seperti ustad, muallim, muaddib dan murabbi. Beberapa istilah untuk sebutan guru itu terkait dengan beberapa istilah untuk pendidikan, yaitu ta’lim, ta’dib dan tarbiyah.

  • Muallim lebih menekankan guru sebagai pengajar dan penyampai pengetahuan (knowledge) dan ilmu (science).
  • Muaddib lebih menekankan guru sebagai pembina moralitas dan akhlak peserta didik dengan keteladanan.
  • Murabbi lebih menekankan pengembangan dan pemeliharaan baik aspek jasmaniah maupun ruhaniah.

Sedangkan istilah yang umum dipakai dan memiliki cakupan makna yang luas dan netral adalah ustad yang dalam bahasa indonesia diterjemahkan sebagai guru.

Sosok Ideal Guru

Hampir disemua bangsa yang beradab, guru diakui sebagai suatu profesi khusus.  Karena profesi keguruan bukan saja memerlukan keahlian tertentu sebagaimana profesi lain, tetapi juga mengemban misi yang paling berharga yaitu pendidikan dan peradaban. Atas dasar itu, dalam kebudayaan bangsa yang beradab, guru senantiasa diagungkan, disanjung, dikagumi dan dihormati karena perannya yang penting bagi eksistensi bangsa dimasa depan.

Telah banyak penulis buku dan peneliti dibidang pendidikan Islam yang mengkaji tentang kedudukan guru dalam pendidikan Islam Para penulis itu antara lain adalah Al-Ghazali, M. Athiyah Al-Abrasyi, Asama Hasan Fahmi dan M. Zafar Iqbal yang telah mengemukakan kedudukan guru yang sangat mulia dalam pandangan Islam. Pada umumnya mereka mengemukakan kemuliaan guru secara normatif berdasarkan pandangan Al Qur’an, Sunnah dan pandangan para ulama, serta hanya sedikit yang mengkaji dari perspektif kedudukan guru secara sosiologis yang meliputi status sosial dan perannya di masyarakat dan tanggung jawab masyarakat dan pemerintah terhadap guru. Kemuliaan guru tercermin dalam hadis Nabi dan perkataan Ulama: “Tinta para ulama lebih baik dari darahnya para syuhada”. Sedangkan penyair Syauki berkata: “Berdiri dan hormatilah guru dan berilah penghargaan, seorang guru itu hampir saja merupakan seorang rasul”.

Hampir dipastikan bahwa yang dimaksud guru, sebagaimana dalam hadis dan syair di atas, adalah seorang ulama yang sempurna (al-ulama al-rasyidun), yaitu guru yang telah tercerahkan dan mampu mencerahkan muridnya, bukan semata-mata sebagai media mencari nafkah.

Seorang guru yang meniti karier sebagai pendidik, pengajar, peneliti dan sebagainya, memerlukan profesionalitas. Profesionalitas guru adalah memilki jiwa profesional dengan seperangkat kepakaran khusus melalui jenjang pendidikan atau training yang dilegalkan dengan sertifikat oleh suatu lembaga  atau institusi.

Terdapat sejumlah karakteristik guru yang profesional, yaitu:

  1. Komitmen yang kuat terhadap profesi / karier.
  2. Bertanggung jawab
  3. Terbuka menerima ide-ide baru
  4. Komitmen pada pekerjaan
  5. Konsisten pada setiap orang
  6. Berperilaku teladan
  7. Berorientasi terhadap pelayanan pendidikan
  8. Memiliki kode etik

Disamping itu mereka adalah pribadi yang memiliki sejumlah kemampuan dan kreatifitas untuk:

  1. Mengembangkan norma kolaborasi
  2. Mampu bekerjasama dalam masyarakat
  3. Mampu berdiskusi tentang strategi baru
  4. Mampu memecahkan masalah
  5. Mampu mengajar
  6. Mampu mengumpulkan dan menganalisis data
  7. Mampu mencari dan melihat masalah serta meningkatkan kemampuan pribadi untuk menanganinya
  8. Mampu saling mendorong dan memberikan bantuan pada setiap pemecahan masalah
  9. Memiliki tanggung jawab sosial
  10. Memiliki tanggung jawab moral
  11. Memiliki tanggung jawab keilmuan

(Tati – TKIT Al Fath)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s