Bantu si Kecil Menjaga Memori

bermain bersama

“Nak, masih kecil kok mudah lupa, sih?” Inilah sekilas reaksi orangtua melihat putra putrinya sulit berkonsentrasi. Baru lima menit berlalu, si kecil sudah mengulang pertanyaan tentang informasi yang baru saja disampaikan. Bila hal ini jarang terjadi, masih bisa dimaklumi. Namun bagaimana bila hal ini sering terjadi? Yang ada orangtua dibuat gemas dan jengkel. Namun jangan putus asa, karena masih ada solusi untuk perlahan-lahan mengembalikan konsentrasi anak, sekaligus melatih daya ingatnya, terlebih dari apa yang mereka dengar.

Banyak penelitian yang menunjukkan kasus pelupa pada usia anak-anak rata-rata terkait dengan kepercayaan diri. Jika si kecil cenderung pemalu, menutup diri dan kurang percaya diri, maka akan berkontribusi pada daya ingat dan konsentrasi yang lemah.

Bangunlah kepercayaan diri si kecil, niscaya akan meningkatkan daya ingatnya. Cobalah untuk mendengarkan perasaan, curhat si kecil atau aktivitas yang telah dilakukannya hari ini. Jangan segan-segan untuk memujinya saat melakukan kegiatan positif.

Disamping itu ajaklah untuk terlibat aktif dalam kegiatan bersama anggota keluarga yang lain. Doronglah si kecil untuk memilih dan menjalani kegiatan yang disukainya, misalnya bersepeda, menggambar, bermain bola dan sebagainya. Jadikan waktu untuk menekuni aktivitas favorit itu sebagai apresiasi atas aksi positif yang telah dilakukannya, seperti telah mendapat nilai bagus.

Cara pendekatan lainnya dapat dilakukan lewat permainan. Dalam hal ini Anda harus terlibat aktif ketika si kecil mengajak bermain. misalnya Anda mengajaknya bermain teka-teki silang, kuis trivia (pilihan) atau permainan kata yang melatih ingatan. Awalnya berilah soal mudah dicerna dan dijawab dalam waktu relatif singkat. Lambat laun Anda dapat membuat soal yang lebih sulit sesuai dengan daya tangkap si kecil. Kuncinya di sini adalah pengulangan.

Selain lewat permainan, untuk melatih ingatan dapat melalui kegiatan membaca. Dengan membaca, akan menstimulasi otak untuk mengingat informasi yang ada di dalam buku. Jangan lupa, bimbing si kecil untuk mengulang dan menyimpulkan secara sederhana tentang isi bukunya. Selamat mencoba!  (sumber Kompas, 22 Maret 2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s